Senin, 24 Desember 2012

Belajar microcontroller (I) - intro

halo apa kabar? haha munkin temen-temen saya ato keluarga saya baca tulisan saya saya cuma mau bilang "tong di poyok nya!" hahaha disini saya mau menjelaskan dikit kalo mau belajar microcontroller tuh bagaimana, bagi pemula mungkin agak bingung gimana memulainya sih, apa aja yang harus disiapin, dan gimana makenya (aduh ga ada kata kata lain apa selain make hahaha).







dalam tutorial saya, saya kan menggunakan microcontroller keluaran Atmel AVR Series, banyak jg sih produsen yang lain, tapi basicnya sih sama aja, namanya jg belajar, satu satu aja dulu :p hehe

untuk memprogram microcontroller kita ada yg harus dibutuhkan jg, untuk software kita membutuhkan compilernya, tergantung kita ngetik programnya dalam bahasa apa, ada assembler, basic, C,yg umum sih itu aja hehe softwarenya berfungsi meng compile program yang kita buat dan nanti outputnya berupa file .hex, nah .hex itu yang kita upload ke microcontrollernya melalui software uploadernya dan proggrammer hardwarenya.

software yang dipake adalah
  • AvrStudio 4 (udah ada yg 6 jg, tapi berat buat komputer komputer lama hehe ini jg cukup buat belajar sih)
  • Winavr (saya disini memakai yang versi WinAVR-20100110)
  • avrtoolchain (saya pakai yg versi 3.4.1.1195)
dan hardwarenya
  • avr isp proggrammer (post selanjutnya saya akan buat tutorial tentang bikin proggrammernya)
  • microcontroller dari Atmel yg support ISP (in-System Proggramming), yang umum digunakan adalah attiny2313, atmega8, atmega16. saya memilih itu soalnya ga terlalu mahal tapi udah cukup lah buat belajar sih hehe sekitar 20 sampai 40ribuan tuh mikrokontroller yg diatas, ga terlalu mahal kan? hehe
  • breadboard (ato dibilang jg projectboard)
  • kabel tunggal
  • led-led mungkin untuk belajar pertama kali jg cukup
ya mungkin itu dulu ya buat post yg pertama, belanjut ke post selanjutnya ya :p


1 komentar:

  1. Mas beli peralatannya di bandung di mana? Saya pengen belajar mikrokontroler dari mulai awal (nubi) Tolong balas ke email: centongkaleng@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus